Beberapa Ide Menarik untuk Konten Instagram Bisnis Anda

By Rinaldy Sofwan Fakhrana,

20 December 2021

konten instagram

Ningkatin brand presence nggak cukup dengan konten Instagram yang variatif dan informatif aja. Ini ide-ide untuk bikin postingan yang lebih engaging.

Mau ningkatin brand presence di Instagram? Konten akun bisnis kamu ternyata nggak cukup sekadar variatif dan informatif aja, tapi juga harus engaging. Terus konten Instagram kayak apa sih yang harus dibuat biar bisa semakin cuan? Well, you’ve come to the right place. Coba kita bahas bareng ya ide-ide apa aja yang bisa ningkatin engagement konten kamu!

Pasti pernah kan nemu konten Instagram yang engaging banget sampai bikin kamu pengen banget like atau comment? Konten-konten kayak begitu tuh jauh lebih berguna buat bisnis ketimbang jumlah followers yang selangit, karena dari interaksi-interaksi itulah audiens akhirnya tergerak buat take action, termasuk beli product atau services kamu. Ibaratnya nih, punya sedikit teman yang rela membantu lebih baik daripada punya banyak teman yang nggak peduli samsek. Ya, nggak? 

Ditambah lagi, berkat algoritma yang diterapkan sejak 2016 lalu, postingan dengan engagement tinggi di Instagram bakalan ditempatkan di posisi teratas banyak users. Ketika 80% users memutuskan buat beli suatu product atau services saat browsing di platform ini, pasti mau kan kalau postingan brand kamu jadi yang teratas? 

Nah, berikut ini adalah beberapa ide konten Instagram yang bisa digunakan buat ningkatin engagement di brand bisnis kamu:

Trendjacking

Kalau dulu kamu suka nonton Indonesian Idol, pasti ingat host Daniel Mananta hobi banget nyebut “penampilan kamu jadi trending topic worldwide.” Ya wajar saja, dengan 3,78 juta orang ada di sosial media di seluruh dunia, jadi topik pembicaraan teratas itu memang pencapaian yang ‘wah’ banget. Dan hal itu yang diinginkan marketers di mana-mana hingga hari ini, baik di skala nasional maupun worldwide

Tapi ya memang hal itu nggak semudah membalikkan telapak tangan, sih. Perputaran informasi di media sosial itu cepat banget. Untuk bikin konten Instagram kreatif yang bisa langsung ‘ngetren’ butuh creative resources yang bisa bikin marketing efforts kamu jadi nggak efisien. So, kenapa nggak riding the waves buat ikutan tren yang udah ada aja?

Yes, jalan pintas menuju topik pembicaran teratas adalah ikut berbicara tentang topik itu sendiri, dan strategi ini disebut trendjacking alias pembajakan tren. Instead of ngabisin waktu berjam-jam brainstorming mikirin gimana caranya buat ngetren, kamu cukup mengalokasikan resources buat ngintipin tren dan bikin konten yang relevan.

Misalnya kayak Burger King Indonesia yang waktu itu nggak mau kalah saing dengan kerja sama antara McDonald’s dan boyband K-Pop top BTS. Penjualan paket BTS Meal di McD sempat ramai banget jadi bahan omongan netizen di Indonesia, mau itu soal produknya sendiri, fenomenanya yang bikin antrean panjang, sampai kontroversinya karena dilakukan di tengah pandemi. Terus apa yang dilakukan Burger King dan sejumlah brand lainnya? Ya bikin konten tentang BTS dengan caranya masing-masing.

konten Instagram kreatif

Contoh konten trendjacking dari Burger King.

Image Source

Mulai Duluan

Di dunia nyata, kadang, cara terbaik buat menjalin komunikasi adalah dengan memulai duluan daripada nungguin diajak ngomong. Di dunia maya pun juga gitu, kamu bisa bikin konten Instagram kreatif sebanyak apapun demi menarik engagement. Tapi kamu juga bisa engage audiens duluan dengan ngasih mereka pertanyaan-pertanyaan, entah itu seputar brand atau hal-hal relatable lainnya yang susah buat dicuekin. 

Menurut Hubspot, engaging audiens kamu bermanfaat buat ningkatin brand awareness dan building loyalty mereka. Langkah ini juga bisa ngebantu buat mempelajari gimana brand kamu dipersepsi sama audiens dan hal-hal apa aja yang mereka peduliin. Nah, dari situ-lah kamu bisa memanfaatkan insights tersebut buat ngerencanain konten berikutnya. 

Di Instagram, ngasih pertanyaan tuh gampang banget dilakukan berkat Question sticker yang bisa dipasang di IGS. By default, sticker yang muncul sejak 2018 ini emang bertujuan untuk memfasilitasi followers untuk mengajukan pertanyaan kepada kamu, terlihat dari teks standarnya yang berbunyi ‘ask me anything’. Tapi kamu selalu bisa ubah teks tersebut jadi pertanyaan yang mau kamu ajukan dan memanfaatkannya untuk engage audiens. Nggak cuma itu aja, kamu juga tentunya bisa bikin postingan di feed dan ngajak audiens buat ngejawab di comment section

Terus, pertanyaan apa yang cocok buat marketing? Pretty sure kamu bisa sekreatif mungkin, tapi sebagai contoh sederhana, kamu bisa nanya tentang pendapat audiens soal produk terbaru kamu. Selain bisa mendapatkan engagement lebih banyak, kamu juga bisa dapet insights untuk ngejalanin bisnis. Contoh lebih kreatifnya, kamu juga bisa bikin semacam ‘pop quiz’ yang dilakukan oleh WeWork, kayak dikasih tau sama Hubspot.

ide konten Instagram

Contoh pertanyaan di Instagram Story dari WeWork.

Image Source

Giveaway

Ngomong-ngomong soal pop quiz, kamu pasti jadi ingat giveaway juga, deh. Udah sering banget kan liat berbagai akun bagi-bagi hadiah di Instagram? Wajar saja, karena giveaway bisa mendatangkan banyak manfaat sekaligus, mulai dari ningkatin engagementrate dengan likes dan comment, memperluas reach dan ajakan tag teman-teman, nambahin jumlah followers, sampai ngebawa audiens lebih dekat dengan value yang dibawa oleh brand kamu. 

So, walaupun udah bukan sesuatu yang baru, strategi ini masih bisa banget kamu gunakan sebagai konten Instagram. Tapi giveaway kayak apa yang paling efektif buat ningkatin engagement? Hootsuite udah ngumpulin tujuh ide giveaway menarik yang bisa kamu liat di artikel ini. Menurut kami, di antara contoh-contoh yang ada, cara paling efisien adalah comment dan like seperti yang dilakukan oleh filmcompanion. Dalam contoh postingan ini, followers cukup ngasih like dan sebuah quote favorit dari film Bollywood. Kesannya sih emang sederhana, tapi secara aktif mengingat-ingat quote dari suatu film demi hadiah itu secara nggak langsung juga membuat brand tersebut melekat di pikiran audiens.

konten instagram

Contoh giveaway dari filmcompanion.

Image Source

Tapi kalau buat jangka panjang, strategi User Generated Content bisa lebih bermanfaat buat ningkatin brand presence kamu. Lebih dari sekadar mengingat-ngingat quote kayak contoh di atas, bikin konten tuh membutuhkan partisipasi aktif yang lebih tinggi supaya brand kamu melekat lebih erat di pikiran audiens. Selain itu, konten yang dibuat di masing-masing akun peserta tentunya akan dilihat juga oleh followers mereka, jadi brand kamu bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Terakhir, followers baru di masa yang akan datang bakalan bisa ngeliat betapa brand kamu dicintai sama suatu komunitas, sampai-sampai image bisnis kamu bisa dipersepsi lebih baik dan lebih dipercaya.

konten Instagram kreatif

Contoh UGC dari brutemagnetics

Ide Pilihan Kamu?

Gimana? Ide-ide di atas cukup inspiring kan buat jadi ide konten Instagram kamu berikutnya? Ide mana nih yang jadi favorit kamu? Atau kamu malah punya ide yang lebih oke tapi masih bingung cara eksekusinya? Nggak usah khawatir, langsung aja chat kami via WhatsApp dan kita bisa atur diskusi soal itu. 

Sebagai boutique content marketing agency, kami punya segudang pengalaman bekerja sama dengan berbagai brand besar dan siap bantuin kamu untuk ngikutin jejak sukses mereka. Ceritain aja kebutuhan bisnis kamu, and we’ll do the rest. Yuk, kita ngobrol-ngobrol sekarang!

Related Articles

Content Marketing

Content Marketing Funnel: Konten yang Tepat untuk Setiap Tahapannya

Marketing funnel dalam dunia pemasaran merupakan sebuah perjalanan pelanggan dari tahap aware terhadap brand hingga memutuskan untuk membeli produknya. Setiap tahapan pada marketing funnel membutuhkan cara promosi yang berbeda-beda, content marketing seperti apa yang cocok untuk setiap tahapannya?

Content Marketing

Content Strategy untuk Meningkatkan Performa Instagram

Di artikel kali ini, kami akan berbagi beragam hal yang insightful terkait content strategy di Instagram demi mendorong peningkatan performa pada akun brand Anda.

Content Marketing

Ingin Email Blast Berjalan Secara Efektif? Simak Caranya!

Istilah “email blast” mungkin sudah enggak asing di telinga Anda. Nah, kali ini kita akan memahami banyak hal terkait email blast agar Anda dapat menjalaninya secara efektif. Are you ready?

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing