Bisakah Akun Media Sosial Menjadi Aset Perusahaan?

By Bimo Gadabima,

27 February 2020

Fakta menarik yang perlu kamu ketahui adalah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau 56% dari total populasi. Berdasarkan sebuah survei tahun 2017, Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, dan Line merupakan lima besar platform media sosial yang paling laku di Indonesia.

Berada di era digital seperti saat ini rupanya membuat aset nggak lagi sebatas barang yang bisa dipegang secara fisik. Apalagi setelah mengetahui fakta di atas, jangan heran jika kini ada yang namanya aset digital dan salah satu bentuknya adalah media sosial.

Nah, bicara soal aset perusahaan terkait keberlangsungannya di masa kini dan masa depan, maka sudah sepatutnya perusahaan mulai memikirkan aset digital dalam bentuk media sosial. Jika dikelola dengan baik, media sosial dapat menjadi aset berharga bagi sebuah perusahaan. Melalui media sosial, sebuah perusahaan dapat membangun brand image, membuat portofolio, mengenalkan sekaligus memasarkan produk, dan yang nggak kalah penting adalah membuat pelanggan menjadi lebih dekat. 

Dekat dengan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis. Artinya, kamu mampu memahami kebutuhan, menerima saran, dan menangani keluhan mereka. Media sosial dapat menjadi sarana yang tepat untuk berinteraksi dengan para pelangganmu mengingat berbagai fitur yang tersedia, seperti kolom komentar, kolom pesan, dan live chat.

Nggak ketinggalan, satu hal yang menarik dari media sosial adalah kemampuannya untuk meningkatkan pengunjung situs resmi perusahaan kamu. Yes! Website dan media sosial dapat menjadi aset digital yang saling mendukung bagi perusahaan kamu. Tapi nggak semua konten cocok dijadikan posting-an media sosial, maka kamu tinggal tambahkan link tertentu untuk “melarikan” pembaca ke website resmi perusahaan. Begitu pula sebaliknya.

"Satu hal yang menarik dari media sosial adalah kemampuannya untuk meningkatkan pengunjung situs resmi perusahaan."

 

Satu hal yang perlu kamu ingat, pastikan media sosial perusahaan kamu berisikan konten-konten yang berkualitas. Artinya, punya tampilan visual yang menarik, copy-nya relate dan sesuai dengan target pembaca, dan memberikan kesan yang positif supaya akun tersebut disukai banyak orang hingga mereka dengan senang hati menyebarluaskannya. Wah, secara nggak langsung perusahaan kamu dipromosiin secara cuma-cuma nih.          

Jangan lupa, maksimalkan selalu pemanfaatan dari fitur-fitur terkini di media sosial, termasuk menjadi pengelola akun yang fast response saat dihubungi pelanggan. 

Yuk, mulai investasi dari sekarang dan jangan ragu buat bangun aset digital dalam bentuk sosial media demi kelangsungan bisnis perusahaan yang lebih baik lagi.

Related Articles

Content Marketing

Pemasaran di Media Sosial dengan IGTV Ads, Apa yang Harus Dicatat?

Banyak cara memasarkan brand di media sosial. Salah satunya menggunakan IGTV ads. Apa itu IGTV ads dan apa saja keuntungannya?

Content Marketing

Tingkatkan Strategi Konten dengan Memahami Instagram Insight

Entah Anda sedang melakukan A/B testing atau sedang merencanakan strategi pemasaran baru, Anda dapat menjadikan data dari Instagram Insight sebagai bekal untuk meningkatkan strategi pemasaran brand di Instagram ke selanjutnya. Bagaimana cara memanfaatkannya?

Content Marketing

Copywriting yang Menarik dalam Email Marketing, Begini Caranya!

Dari sekian banyak EDM yang masuk ke dalam inbox Anda, pasti ada beberapa “mutiara“ yang menarik perhatian sehingga Anda buka, baca, bahkan follow-up tawarannya. Mengapa Anda sampai engaged dengan email tersebut? Salah satu jawaban yang hampir pasti jadi faktor penting adalah copy. Maka, kami punya tips untuk copywriting yang bisa bikin email marketing Anda berhasil. Simak yuk!

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing