Bisakah Akun Media Sosial Menjadi Aset Perusahaan?

By Bimo Gadabima,

27 February 2020

Fakta menarik yang perlu kamu ketahui adalah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau 56% dari total populasi. Berdasarkan sebuah survei tahun 2017, Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, dan Line merupakan lima besar platform media sosial yang paling laku di Indonesia.

Berada di era digital seperti saat ini rupanya membuat aset nggak lagi sebatas barang yang bisa dipegang secara fisik. Apalagi setelah mengetahui fakta di atas, jangan heran jika kini ada yang namanya aset digital dan salah satu bentuknya adalah media sosial.

Nah, bicara soal aset perusahaan terkait keberlangsungannya di masa kini dan masa depan, maka sudah sepatutnya perusahaan mulai memikirkan aset digital dalam bentuk media sosial. Jika dikelola dengan baik, media sosial dapat menjadi aset berharga bagi sebuah perusahaan. Melalui media sosial, sebuah perusahaan dapat membangun brand image, membuat portofolio, mengenalkan sekaligus memasarkan produk, dan yang nggak kalah penting adalah membuat pelanggan menjadi lebih dekat. 

Dekat dengan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis. Artinya, kamu mampu memahami kebutuhan, menerima saran, dan menangani keluhan mereka. Media sosial dapat menjadi sarana yang tepat untuk berinteraksi dengan para pelangganmu mengingat berbagai fitur yang tersedia, seperti kolom komentar, kolom pesan, dan live chat.

Nggak ketinggalan, satu hal yang menarik dari media sosial adalah kemampuannya untuk meningkatkan pengunjung situs resmi perusahaan kamu. Yes! Website dan media sosial dapat menjadi aset digital yang saling mendukung bagi perusahaan kamu. Tapi nggak semua konten cocok dijadikan posting-an media sosial, maka kamu tinggal tambahkan link tertentu untuk “melarikan” pembaca ke website resmi perusahaan. Begitu pula sebaliknya.

"Satu hal yang menarik dari media sosial adalah kemampuannya untuk meningkatkan pengunjung situs resmi perusahaan."

 

Satu hal yang perlu kamu ingat, pastikan media sosial perusahaan kamu berisikan konten-konten yang berkualitas. Artinya, punya tampilan visual yang menarik, copy-nya relate dan sesuai dengan target pembaca, dan memberikan kesan yang positif supaya akun tersebut disukai banyak orang hingga mereka dengan senang hati menyebarluaskannya. Wah, secara nggak langsung perusahaan kamu dipromosiin secara cuma-cuma nih.          

Jangan lupa, maksimalkan selalu pemanfaatan dari fitur-fitur terkini di media sosial, termasuk menjadi pengelola akun yang fast response saat dihubungi pelanggan. 

Yuk, mulai investasi dari sekarang dan jangan ragu buat bangun aset digital dalam bentuk sosial media demi kelangsungan bisnis perusahaan yang lebih baik lagi.

Related Articles

Content Marketing

Beberapa Ide Menarik untuk Konten Instagram Bisnis Anda

Ningkatin brand presence nggak cukup dengan konten Instagram yang variatif dan informatif aja. Ini ide-ide untuk bikin postingan yang lebih engaging.

Content Marketing

Content Marketing Funnel: Konten yang Tepat untuk Setiap Tahapannya

Marketing funnel dalam dunia pemasaran merupakan sebuah perjalanan pelanggan dari tahap aware terhadap brand hingga memutuskan untuk membeli produknya. Setiap tahapan pada marketing funnel membutuhkan cara promosi yang berbeda-beda, content marketing seperti apa yang cocok untuk setiap tahapannya?

Content Marketing

Content Strategy untuk Meningkatkan Performa Instagram

Di artikel kali ini, kami akan berbagi beragam hal yang insightful terkait content strategy di Instagram demi mendorong peningkatan performa pada akun brand Anda.

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing