Instagram Shopping: Buka Toko di Instagram Yuk!

By Panji Muhammad Pradipta,

29 June 2021

Instagram Shopping

Siapa sih yang enggak pernah lihat iklan di Instagram hingga berakhir melakukan purchasing? Yang jelas, saya salah satunya. Belum lagi, pada awal tahun 2021 ini pengguna Instagram sudah melonjak ke peringkat 3, sebagai media sosial dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Maka, enggak heran kalau Instagram menjadi salah satu “lapak” berjualan yang paling efisien bagi para business owner.

Nah kabar baiknya, beberapa waktu lalu Instagram secara resmi meluncurkan fitur Instagram Shopping. Jika Anda termasuk pelaku bisnis, peluncuran fitur ini tentu saja menawarkan banyak manfaat. Mengapa begitu dan bagaimana cara mengaktifkannya? Langsung saja kita bahas bareng, yuk!

Cara Kerja Instagram Shopping

Pada dasarnya, fitur baru Instagram ini akan memberikan Anda experience seperti saat menggunakan platform e-commerce. Dengan Instagram Shopping, Anda bisa menampilkan katalog produk lengkap dengan keterangan harga dan deskripsi produk. 

Selain itu, jika konsumen tertarik untuk membeli salah satu produk Anda, pada fitur tersebut sudah tersedia tombol yang dapat mengarahkan konsumen ke website Anda atau platform lain sehingga mereka dapat melakukan transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi. Dengan begini, jualan tentunya makin enak kan?

Instagram Shopping

Contoh katalog dalam Instagram Shopping

Keunggulan lainnya, BigCommerce mengatakan kalau fitur Instagram Shopping ini bisa mendongkrak traffic dan tentunya pendapatan Anda. Mereka menyebutkan bahwa ada beberapa brand yang sudah menggunakan fitur ini dan mengalami peningkatan traffic sebanyak 1,1416%, bahkan beberapa di antaranya mengalami lonjakan hingga 20%! Jumlah yang sangat luar biasa, terutama jika traffic tersebut berujung pada leads yang akan menguntungkan bisnis Anda.

Bagi para pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, saran saya, jangan lewatkan fitur Instagram yang satu ini ya. Tidak seperti brand besar yang biasanya sudah memiliki website resmi, pebisnis UMKM mungkin belum banyak yang punya website resmi. Namun, tak perlu berkecil hati. Soalnya, Anda juga bisa menghubungkan Instagram Shopping dengan halaman e-commerce Anda sehingga peluang orang untuk membeli produk Anda akan semakin besar.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah memahami gambaran singkat tentang fitur Instagram Shopping, pasti Anda semakin penasaran,  bagaimana cara mengaktifkannya. Kalau begitu coba ikuti persyaratannya berikut ini:

1. Konfirmasi Kelayakan Usaha

Syarat pertama untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping adalah dengan memastikan kelayakan usaha Anda. Apa saja klasifikasi dalam kelayakan usaha ini?

      • Tempat usaha Anda berada di lokasi pasar yang didukung oleh fitur ini.
      • Produk yang dijual memenuhi syarat ketentuan yang diberikan oleh pihak Instagram.
      • Kegiatan usaha Anda selalu mematuhi perjanjian pelapak dan juga kebijakan perdagangan Instagram.
      • Bisnis Anda harus memiliki website yang digunakan sebagai tempat berjualan

2. Switch to Creator or Business Account

Kalau persyaratan yang satu ini prosesnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda tinggal menuju ke profile akun bisnis Anda, kemudian klik tombol settings yang terletak di pojok kanan atas, kemudian klik pilihan “switch to business profile”, klik tombol “continue” dan lanjutkan dengan “Login with Facebook”. Ketika Anda sudah mendapatkan informasi yang bertuliskan “You have already authorized Instagram”, itu artinya akun Anda sudah berubah menjadi akun bisnis.

Dari situ, Anda bisa memasukan informasi bisnis yang relevan, seperti jam operasional toko, alamat, nomor telepon, dan juga link website Anda.

3. Connect it to Your Facebook Account

Untuk memenuhi syarat ini juga mudah kok. Buka profile Instagram Bisnis Anda, pilih “edit profile.” Di bagian “Informasi Bisnis Publik”, klik pilihan ‘Halaman’, lalu pilih halaman yang ingin Anda hubungkan atau pilih “Buat Halaman Facebook Baru”. Gampang kan?

4. Upload Your Product Catalogue

Karena fitur Instagram Shopping ini memungkinkan Anda untuk menyediakan katalog produk, Anda bisa mengunggah katalog Anda dengan metode “mandiri” yang tersedia di Pengelola Bisnis Facebook, di mana nantinya Anda akan memegang posisi sebagai Pengelola Katalog atau Anda bisa juga memilih metode integrasi melalui salah satu partner platform e-commerce yang telah bersertifikasi semacam Shopify atau BigCommerce.

5. Account Review

Setelah memenuhi empat syarat di atas, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengajukan peninjauan akun Anda. Bagaimana cara mengajukannya? 

      • Buka profile Instagram Bisnis Anda, lalu pilih “settings”.
      • Lakukan pendaftaran untuk shopping.
      • Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengajukan peninjauan akun “toko” Anda.
      • Buka pilihan “Belanja” di “settings” untuk melihat status Anda.

Mungkin Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pihak dari Instagram masih memerlukan beberapa informasi tambahan sebagai bukti kepemilikan link website Anda. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah diarahkan oleh pihak Instagram untuk menyelesaikan proses verifikasi domain supaya Anda bisa segera mengajukan peninjauan akun.

6. Activate Your Shopping Features

Last but not least, setelah proses peninjauan akun Anda selesai dan disetujui, Anda sudah bisa mengaktifkan fitur-fitur belanja dengan cara sebagai berikut.

      • Buka profile Instagram Bisnis Anda lalu pilih “settings”.
      • Klik pilihan “Bisnis”, lalu klik pilihan “Belanja”.
      • Pilih “Katalog Produk” yang ingin disambungkan ke akun Instagram Bisnis Anda.
      • Lalu klik pilihan “Selesai”.

Tenang saja, kalau fitur “Belanja” ini belum ditemukan dalam menu “settings” Anda, most probably hal tersebut disebabkan oleh proses peninjauan akun yang belum selesai.

Bagaimana, siap mengaktifkan fitur Instagram Shopping Anda? Kalau saya seorang business owner, pasti saya akan melakukannya sih. Soalnya bakal berguna banget. Namun karena saya adalah seorang writer di boutique content marketing agency ‘Contendr’, kali ini saya bantu berbagi info dan opini dulu saja ya. Hehehe… 

Oh iya, dalam menjalankan bisnis yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram, mungkin Anda butuh konten-konten pemasaran dan pengelolaan akun brand secara tepat. Jika Anda butuh bantuan untuk melakukannya, silakan hubungi Contendr ya. Saya dan tim tentu dengan senang hati membantu Anda dalam mengembangkan bisnis di dunia digital.

Related Articles

Content Marketing

Beberapa Ide Menarik untuk Konten Instagram Bisnis Anda

Ningkatin brand presence nggak cukup dengan konten Instagram yang variatif dan informatif aja. Ini ide-ide untuk bikin postingan yang lebih engaging.

Content Marketing

Content Marketing Funnel: Konten yang Tepat untuk Setiap Tahapannya

Marketing funnel dalam dunia pemasaran merupakan sebuah perjalanan pelanggan dari tahap aware terhadap brand hingga memutuskan untuk membeli produknya. Setiap tahapan pada marketing funnel membutuhkan cara promosi yang berbeda-beda, content marketing seperti apa yang cocok untuk setiap tahapannya?

Content Marketing

Content Strategy untuk Meningkatkan Performa Instagram

Di artikel kali ini, kami akan berbagi beragam hal yang insightful terkait content strategy di Instagram demi mendorong peningkatan performa pada akun brand Anda.

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing