Tools untuk Membuat Link di Bio Instagram, Ada Linktree dan Apa Lagi?

By Panji Muhammad Pradipta,

10 June 2021

Tools untuk Membuat Link di Bio Instagram

Memang sih Instagram merupakan salah satu platform yang menawarkan banyak keunggulan, namun tetap saja, enggak semua hal bisa atau tepat dilakukan di platform ini. Untuk kenyamanan audiens, tak jarang Anda pun perlu mengarahkan ke platform lain demi memenuhi kebutuhan mereka. Itulah mengapa Anda suka menempatkan link atau tautan tertentu pada caption konten atau bio Instagram, berharap audiens akan mengklik tautan tersebut sehingga mereka bisa mengunjungi website Anda, menghubungi contactperson tertentu, atau bahkan melakukan transaksi. Benar begitu?

Alasan untuk Mengoptimasi Tautan

Menempatkan link tertentu pada Instagram untuk diklik audiens tentu saja bisa. Namun masalahnya: jika Anda taruh link pada caption konten, audiens tidak dapat mengklik langsung link tersebut. Repot? Tentunya. Ya Anda bisa sih taruh link di story post, tetapi Anda membutuhkan minimal 10.000 followers agar audiens bisa langsung swipe up tautan pada unggahan tersebut. Maka dari itu, solusi paling aman sejauh ini adalah Anda menempatkan link di bio Instagram Anda. Apa pun bentuk konten yang Anda buat, Anda bisa selalu menyelipkan ajakan agar para audiens  mengklik tautan yang tercatat pada bagian Instagram bio. 

Lalu, keinginan lain muncul: Anda ingin menaruh lebih dari satu tautan di Instagram bio. Mungkin satu tautan menuju artikel, satu tautan menuju contact person, satu tautan menuju katalog produk, dan sebagainya. Nah, kalau begitu Anda butuh tools nih yang dapat mengoptimasi link pada bio Instagram brand Anda sehingga keinginan Anda untuk mencantumkan beberapa link sekaligus pada Instagram bio dapat terlaksana. Dan langsung saja, berikut tiga tools rekomendasi dari kami, dan kami juga menggunakan salah satunya lho!

1. Linktree

Linktree adalah linkin bio tools yang sepertinya cukup familier di kalangan pelaku bisnis. Dengannya, Anda dapat mencantumkan beberapa tautan sekaligus di Instagram bio brand Anda. Namun, bukan berarti nanti Anda bakal melihat ada jejeran tautan di bio Anda. Waduh kalau begini sih merusak tampilan banget ya.

Dengan Linktree, audiens akan melihat satu tautan saja pada Instagram bio brand Anda, tetapi jika tautan tersebut diklik, mereka akan melihat beberapa opsi tautan yang bisa mereka klik sesuai kebutuhan.

Dalam satu tautan Linktree yang Anda buat, Anda bisa mencantumkan tautan yang mengarahkan audiens untuk menuju homepage, catalogue, marketplace, bahkan media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan sebagainya.

     Keunggulan Linktree

Jika Anda menggunakan Linktree versi premium atau berbayar maka Anda dapat menikmati bermacam keunggulan, di antaranya:

- Unlimited links atau tautan tak terbatas
- Menyembunyikan logo Linktree
- Mendapatkan traffic report dari setiap tautan yang dicantumkan
- Kustomisasi tampilan: premium themes, font, button style
- Retargeting audiens Anda di Instagram dan Facebook dengan Facebook Pixel
- Scheduled links, fitur untuk menentukan masa berlaku sebuah tautan

     Menggunakan Linktree di Instagram

Bagaimana cara membuat Linktree di Instagram? Yuk, perhatikan langkah berikut:

1. Kunjungi situs Linktree, lalu sign up atau daftar secara gratis.
2. Saat mendaftar, tentukan kategori bisnis dan pilih versi Linktree Anda: versi gratis atau berbayar.
3. Selanjutnya, membuat tautan Linktree. Pilih menu “Links”, lalu “Add New Links”.
4. Masukan alamat URL tertentu dan berikan nama untuk tautan tersebut.
5. Klik lagi ‘Add New Link’ untuk tautan lain yang ingin Anda cantumkan, misalnya homepage website, Facebook, Twitter, dan sebagainya.
6. Setelah semua tautan sudah dimasukkan, Anda pun bisa menyalin Linktree URL Anda dan menaruhnya di bio Instagram brand Anda.

Sebagai contoh, Erigo adalah clothing brand yang menggunakan tools Linktree pada bio Instagramnya. Tampilannya pun sebagai berikut:

Tools untuk Membuat Link di Bio Instagram

Penggunaan Linktree oleh Erigo pada bio Instagram

2. Shorby

Selain Linktree, tool lain yang menawarkan manfaat serupa adalah Shorby. Penggunaan tool Shorby ini cukup menarik karena Anda dapat membuat Smart Page atau micro-landing page yang tampilannya bisa Anda percantik dengan penambahan background, video, GIFs, dan avatar animasi. 

Tool ini juga menawarkan lima hari free trial untuk penggunaannya dan Anda enggak membutuhkan kartu kredit sama sekali untuk melakukan pendaftaran. Jika kedepannya Anda tertarik, barulah Anda dapat berlangganan versi berbayarnya yang tersedia dalam tiga opsi, yakni Rocket, Pro, dan Agency.

     Keunggulan Shorby

Dengan menggunakan Shorby, Anda pun bisa menikmati beberapa keunggulan, seperti:

- Fitur messenger akan memudahkan audiens untuk berkomunikasi dengan Anda
- Day-by-day insights. Anda dapat mengetahui performa dari setiap tautan yang Anda cantumkan dan mengakses analitik untuk melacak traffic yang tercipta
- Retarget setiap audiens yang mengklik custom links dengan iklan guna meningkatkan penjualan
- Crosslink ke akun media sosial brand Anda yang lainnya sehingga Anda dapat meningkatkan angka reach di seluruh channel yang Anda miliki atau di seluruh tautan yang Anda cantumkan

     Menggunakan Shorby di Instagram

Untuk membuat Smart Page di bio Instagram Anda, berikut langkah yang harus Anda lakukan: 

- Kunjungi situs Shorby. Bagi yang pertama kali, Anda akan langsung diarahkan ke halaman pengaturan tampilan Smart Page.
- Isi data, desain, dan atur tampilan yang Anda inginkan. Untuk pengisian data, Anda akan diarahkan untuk memasukkan aplikasi messenger yang digunakan, ragam tautan, dan media sosial. 
- Jika sudah selesai, klik “PUBLISH”.
- Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan sign up atau registrasi email. Lakukan konfirmasi akun baru di Shorby.

Pada platform Instagram, Wooldary yang merupakan pelaku bisnis accessories and toys berbahan wol menjadi salah satu brand yang menggunakan Shorby pada bio Instagramnya.  Tampilannya pun seperti ini:

Tools untuk Membuat Link di Instagram

Penggunaan Shorby oleh Wooldary pada bio Instagram

3. Link.bio by Later

Sudah pernah mengunjungi akun Instagram kami? Coba cek bagian bio akun kami dan yes, Anda akan melihat bahwa kami menggunakan Linkin.bio untuk mengoptimasi tautan pada bio Instagram kami.

Jika Linktree dan Shorby akan menampilkan deretan tautan ketika Anda klik, Linkin.bio rupanya menawarkan sesuatu yang agak berbeda. Ketika tautan Linkin.bio Anda klik, Anda akan melihat tampilan micro-landing page yang serupa galeri, dipenuhi dengan ragam visual yang menjadi unggahan pada feed Instagram brand Anda.

Misalnya, Anda mengunggah sebuah konten visual tentang panci anti lengket di Instagram. Lalu, pada caption-nya Anda mengarahkan audiens untuk klik “link in bio” agar mereka bisa membeli panci tersebut. Nah, ketika audiens membuka tautan linkin.bio, mereka tidak akan menemukan deretan tautan yang berjudul “contact us”, “Tokopedia”, dan sebagainya, melainkan visual dari konten panci anti lengket tersebut yang jika diklik, audiens akan dibawa ke halaman yang Anda inginkan: mungkin halaman product detail atau halaman pembayaran pada website resmi.

     Keunggulan Link.bio

Leader of Social Media kami, Ditya Kusuma Dewi menjelaskan beberapa keunggulan dari Linkin.bio, di antaranya adalah:

- Tampilan micro-landing page jauh lebih menarik ketimbang Linktree, karena serupa galeri foto
- Tool menawarkan insight yang lebih lengkap, bukan sekadar menampilkan performa dari tautan yang dicantumkan, tetapi kita juga bisa mengetahui performa dari konten-konten yang kita unggah secara keseluruhan di Instagram
- Terintegrasi dengan Google Analytics

     Menggunakan Link.bio di Instagram

Langkah yang harus Anda tempuh jika ingin mengoptimasi tautan di bio Instagram menggunakan Linkin.bio adalah:

- Lakukan registrasi di situs Later.com.
- Jika akun sudah dibuat, koneksikan akun tersebut dengan Instagram profile brand Anda. Klik “Connect IG Profile”.
- Kembali ke Later.com dalam keadaan log in, klik “Linkin.bio” pada halaman “home”.
- Pilih konten Instagram yang ingin Anda masukkan ke dalam micro-landing page, isi tautan tujuan. 
- Klik “add to Linkin.bio”.

Agar lebih jelas, kami akan menunjukkan penggunaan Linkin.bio pada bio Instagram kami. Tujuan kami menggunakan tool ini adalah mengarahkan audiens agar membaca ragam artikel kami yang berkaitan erat dengan content marketing.

Membuat Link di Bio Instagram

Penggunaan Linkin.bio oleh Contendr pada bio Instagram

Kesimpulannya, jika Anda perlu atau ingin mencantumkan lebih dari satu tautan pada bio Instagram Anda, salah satu dari ketiga tools yang kami bahas di artikel ini dapat menjadi solusi untuk keperluan Anda. Mana yang terbaik di antara ketiganya, semua kembali lagi pada kebutuhan dari brand Anda. 

Any tools that you choose will help you reach your instagram marketing goals easier. Jadi, selagi ketiga tools tersebut menyediakan fitur free-trial, akan lebih baik kalau Anda mencoba ketiganya, supaya Anda juga tahu mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Tetapi kalau ternyata Anda masih bingung dalam menentukannya bahkan bingung untuk memproduksi content marketing dan mengelola akun media sosial brand Anda, kami sebagai boutique content marketing agency tentu saja siap membantu dan bekerja sama dengan Anda. Segera hubungi kami, ya!

Related Articles

Content Marketing

Istilah Umum dalam Digital Marketing, Belajar dan Ingat Kembali Yuk!

Saat terjun ke dunia pemasaran digital, Anda akan menemukan sejumlah istilah yang berkaitan dengan hal tersebut. Untuk itu, mari kita bakal belajar atau mungkin mengingat kembali bermacam istilah yang perlu Anda ketahui dalam digital marketing.

Content Marketing

5 Jenis Video Paling Pas untuk Social Media Marketing

Anda ingin menggunakan konten video untuk menjalankan social media campaign atau social media marketing pada umumnya untuk menyasar target market Anda? Berikut lima jenis video marketing yang bisa Anda pertimbangkan berdasarkan Content Marketing Institute (CMI).

Content Marketing

Tingkatkan Strategi Distribusi Content Marketing dan Jangkau Lebih Banyak Audiens

Kali ini kita bakal belajar, cara meningkatkan strategi distribusi konten untuk menjangkau lebih banyak audiens berdasarkan rekomendasi Content Marketing Institute dan pengalaman kami sebagai boutique content marketing agency. Simak ya!

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing