Yuk, Bikin Ad Copy yang Menarik di Twitter!

26 March 2021

twitter ads

Jika dirangkai dengan tepat, sebuah copy dapat menjadi suatu hal yang powerful dan membantu efektivitas content marketing Anda yang salah satu bentuknya dapat berupa Twitter Ads. So, bagaimana cara membuat copy yang menarik dan menjual ketika Anda hendak memasang Twitter Ads bagi brand Anda?

Twitter Ads adalah jasa iklan yang disediakan oleh Twitter agar Anda bisa menampilkan kampanye brand di beranda Twitter pengguna yang sudah Anda targetkan sebelumnya. Objektifnya adalah mulai dari meningkatkan awareness (reach), consideration (video view, website clicks, followers dll), hingga untuk meningkatkan conversion yakni pembelian produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.

Pada dasarnya pihak Twitter sudah memudahkan marketer dalam membuat Twitter Ads melalui halaman khususnya. Namun, Anda juga mesti memperhatikan sebaik mungkin hal-hal sebagai berikut agar campaign Anda berjalan efektif.

1. Menentukan gambaran campaign

Mulai dari nama campaign, nama domain, pemilihan kategori hingga waktu dan tanggal yang tepat untuk Twitter Ads dijalankan.

2. Mengatur target campaign

Atur target audiens untuk Twitter Ads yang berdasarkan dengan lokasi, gender, bahasa, perangkat, platform, provider, keyword, minat, hingga kebiasaan.

3. Menghitung budget

Anda bisa memilih anggaran maksimum untuk Twitter Ads per harinya yang disesuaikan dengan objektif yang diinginkan.

4. Memilih bentuk ads

Dalam Twitter Ads, terdapat juga 5 jenis kreasi ads yang bisa Anda lakukan, di antaranya promoted tweets, promoted account, promoted trends, video ads, dan automated ads,

Dengan berbagai platform Ads yang kini kian beragam, Twitter Ads memang mengalami persaingan cukup ketat sebagai opsi marketer dalam beriklan. Namun, masih banyak brand yang setia menggunakan Twitter Ads. Karakteristik Twitter sebagai media sosial microblogging dan conversation starter, membuat beriklan di Twitter memiliki nilai lebih tersendiri.

Apalagi jumlah pengguna Twitter pun saat ini tidak tergolong sedikit sehingga membuat amplifikasi sebuah iklan yang dipasang dapat menjangkau ke berbagai penjuru. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Statista, per kuarter ketiga di tahun 2020, pengguna aktif harian Twitter sudah mencapai 187 juta orang. Indonesia sendiri menduduki peringkat keenam pengguna Twitter terbesar di dunia dengan jumlah 14 juta orang.

Dalam sebuah kesempatan Country Head Twitter Indonesia Dwi Adriansyah pernah mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang pertumbuhan pengguna hariannya lebih kuat dibanding pertumbuhan secara global. Hal ini menyiratkan Twitter masih menjadi platform media sosial terfavorit hingga saat ini.

twitter ads

twitter ads

Kedua data dari We Are Social & Hootsuite di atas ini menunjukkan bahwa Twitter masih menunjukkan tajinya sebagai salah satu media sosial yang potensial digunakan marketer dalam beriklan. Bahkan, dalam konteks media sosial pada umumnya pun, beriklan di ranah media sosial menduduki peringkat kedua setelah search engines sebagai medium pengguna internet yang berumur 16-64 tahun dalam menemukan brand atau product terbaru.

Tak hanya bergantung pada kekuatan Twitter sebagai sebuah medium atau platform, keberhasilan sebuah Twitter Ads juga berasal dari copy yang menarik dalam ads tersebut. Global Creative Lead Twitter Joe Wadlington mengungkapkan bahwa setidaknya ada 5 poin yang harus dipenuhi dalam sebuah copy agar menarik untuk Tweet Ads, di antaranya:

1. Mengedepankan urgensi

Tips ini adalah salah satu teknik copy dalam periklanan yang sudah teruji dan memang sejalan dengan sifat real-time pada Twitter. Copy harus menyatakan baik secara implisit atau eksplisit tentang alasan untuk orang mengambil tindakan segera. 

Misalnya dengan mengatakan penawarannya hanya tersedia dalam waktu singkat atau persediaan barang terbatas. Gunakan frasa seperti “daftar sekarang”, “stok terbatas”, “penawaran hanya hari ini”, dll.

twitter ads

Contoh brand yang memasukkan sisi urgensi pada ad copy-nya
Kredit: Spotify

2. Tuliskan diskon dengan simbol “%”

Saat membuat copy promosi dalam Tweet Ads, sebaiknya menggunakan tanda % daripada harus menyebutkan nominal potongan harganya. Karena data Twitter menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna Twitter mengklik ads yang menyatakan diskon sebagai persentase, bukan jumlah potongan harganya. 

Jadi, lebih baik Anda menuliskan “Diskon 50%” yang sebenarnya adalah potongan harga Rp50 ribu, alih-alih menuliskan “Hemat Rp50 ribu.” Terkesan sepele, namun kenyataannya penyebutan diskon dengan tanda % lebih mengesankan untuk pengguna Twitter.

Simbol “%” yang lebih menarik perhatian audiens di Twitter
Kredit: AT&T Deals

3. Semua orang suka yang gratisan

Memberikan sesuatu secara gratis dan menyebutkannya dalam copy pada Tweet Ads Anda dapat menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian audiens. Apalagi jika brand Anda saat ini masih berfokus pada mengumpulkan prospek atau data pelanggan maka teknik penyebutan kata gratis pada copy akan membuat pengguna Twitter tergiur untuk mencari tahu lebih lanjut. 

Saat pengguna Twitter menemukan kata gratis terpampang pada linimasa, biasanya mereka enggak mau melewatkannya atau setidaknya berhenti untuk melakukan penelusuran lebih lanjut.

Copy “gratis” atau “free” baik untuk menarik perhatian
Kredit: Skillshare

4. Hindari hashtag yang berlebihan

Salah satu poin menarik yang diungkapkan oleh Joe adalah Twitter Ads tidak harus selalu ada hashtag. Padahal seperti yang Anda ketahui, Twitter adalah salah satu pencetus hashtag dalam skema media sosial. 

Menurut Joe, hashtag berfokus pada keterlibatan, sedangkan pada Twitter Ads, tujuan para marketer biasanya adalah untuk mengunjungi website atau mengikuti akun Twitter Anda. Anda tentunya Anda tidak ingin mengambil risiko seseorang malah mengeklik hashtag dan bukan mengunjungi website Anda melalui tautan yang tersedia, bukan? 

Namun, jika Anda ingin menggunakan hashtag, gunakanlah hashtag yang relevan dengan jumlah yang wajar, dan dapat membuat brand Anda dijadikan bahan diskusi oleh para pengguna Twitter.

Contoh penggunaan hashtag pada ad copy dan hashtag tersebut pun digunakan oleh user lain untuk membahas produk brand  
Kredit: Samsung ISOCELL

5. Ajukan pertanyaan

Last but not least, poin kunci terakhir untuk membuat copy Twitter Ads yang menarik adalah membuat copy yang dapat menciptakan interaksi dua arah antara brand dan audiensnya. Hal ini tentu saja dapat Anda wujudkan salah satunya dengan membuat copy yang mengajukan pertanyaan.

Dengan mengajukan pertanyaan, Anda dapat terhubung dengan audiens dan membuat mereka memperhatikan pesan Anda. Pastikan pertanyaannya relevan dan tidak kabur dari inti copy yang ditulis.

Contoh  ad copy dalam bentuk pertanyaan yang memicu interaksi dengan audiens
Kredit: Ichi Ocha

Setelah mengetahui poin-poin apa saja dalam membuat copy Twitter Ads yang menarik, padukan juga strategi Anda dengan tips-tips tambahan sebagai berikut:

1. Konten yang stand out adalah kunci agar audiens tertarik pada iklan Anda bahkan bukan tidak mungkin bisa terlibat secara langsung.

2. Sematkan GIF atau bentuk visual lainnya yang berkualitas dan mudah diingat sehingga konten iklan Anda bisa dibagikan oleh audiens.

3. Pemilihan warna yang kontras pada visual memiliki potensi lebih tinggi dibandingkan warna yang cenderung rendah kontrasnya.

4. Iklan yang sifatnya soft selling akan lebih menarik perhatian dan menyenangkan bagi audiens dibanding yang terlalu hard selling.

5. Anda juga harus aktif membagikan cuitan secara organik seiring campaign iklan Anda berjalan.

Tidak ada aturan yang pasti dan mengikat dalam membuat copy pada Twitter Ads, namun yang harus diingat bahwa testing selalu menjadi kunci penting untuk sukses beriklan di media sosial berlogo burung biru ini. Rencana beriklan yang baik adalah berani bereksperimen untuk setiap inisiatif pemasaran sebuah brand, sehingga seiring berjalan, Anda akan menemukan formula copy yang berkinerja terbaik untuk audiens Anda.

Berbagai contoh di atas semoga menginspirasi Anda dalam membuat copy di media sosial, bukan hanya Twitter, bisa juga untuk Facebook atau Instagram. Sebagai salah satu content marketing agency yang sering menangani berbagai ads campaign di media sosial, kami siap memberikan inspirasi, membangun ide, dan menjalankan strategi yang terbaik untuk membantu brand Anda lebih sukses seiring dengan tren beriklan di media sosial yang begitu cepat.

Di Contendr, selain menawarkan content writing services sebagai salah satu spesialisasi yang sering dikerjakan, kami juga mampu membuat berbagai macam copy ads yang menarik untuk berbagai platform media sosial mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads. Jangan ragu untuk utarakan kebutuhan Anda dengan langsung menghubungi kami, ya!

Related Articles

Content Marketing

B2C vs B2B Marketing, 3 Perbedaan yang Harus Marketer Pahami

B2C dan B2B marketing adalah dua istilah yang sudah sangat fimiliar di dunia marketing, terlebih bila Anda adalah seorang marketer. Nah dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan keduanya dari sisi strategi pemasaran, platform pemasaran, dan approach ke audiens.

Content Marketing

Brand Persona dan Buyer Persona, Mengapa Keduanya Penting?

Sebelum menjalankan marketing campaign, seorang content strategist akan menetapkan terlebih dahulu brand persona dan buyer persona. mengapa penting bagi sebuah brand untuk memiliki brand persona dan buyer persona sebelum aktif melakukan kegiatan pemasaran?

Content Marketing

Bikin Livestream Video? Marketer Harus Catat 3 Hal Ini!

Content marketing dalam bentuk livestream video diprediksi atau mungkin lebih tepatnya kini sudah menjadi suatu tren dalam menjalankan pemasaran brand di dunia digital. Bagaimana dengan Anda, apakah brand Anda lagi mempertimbangkan konten livestreaming sebagai content strategy atau social media strategy tahun ini?

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing