Endorsement dalam Instagram Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Tips-nya

By Arista Prianka Putri,

03 August 2021

endorsement

Berapa jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia? Jawabannya adalah 170 juta pengguna, dan apakah Anda tahu kalau 86,6% dari dari jumlah tersebut merupakan pengguna aktif Instagram? Dengan fakta demikian, tak heran jika Instagram masih menjadi salah satu platform favorit bagi banyak business owner atau marketer untuk memasarkan brand-nya, termasuk Anda, bukan? 

Dari berbagai macam bentuk strategi pemasaran atau beriklan di Instagram, menurut kami, endorsement masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dan patut Anda terapkan. Mengapa begitu? Oke, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, karena kami akan memaparkan pengertian dan manfaat endorsement beserta tips penerapannya di Instagram. Here we go!

Pengertian Endorsement

Jika Anda mengikuti akun-akun public figure di Instagram maka kami yakin sih kalau Anda pasti pernah melihat idola Anda mengunggah konten promosi/iklan. Well, ini merupakan wujud dari sebuah endorsement, di mana brand bekerja sama dengan tokoh ternama dan memanfaatkan ketenaran mereka untuk melaksanakan promosi.

Endorsement adalah strategi periklanan yang menggunakan selebritas atau tokoh terkenal lainnya, karena sosok mereka diakui, dipercaya, dan dihormati oleh banyak orang. Para selebritas ini bukan hanya memiliki banyak penggemar, tetapi juga punya kekuatan untuk mempengaruhi orang lain. Apa pun yang mereka pakai, makan, dan lakukan, selalu saja ada orang-orang yang senang hati menyimak bahkan meniru mereka. 

Celebrity endorsement itu sama dengan influencer marketing ya? Serupa, namun tak sama. Keduanya memang merupakan strategi pemasaran yang menggunakan jasa “orang terkenal”, tetapi brand yang memilih jasa influencer, biasanya mengincar audiens yang lebih spesifik dan ingin membangun kepercayaan mereka terhadap brand. Selengkapnya, nanti Anda bisa baca artikel kami tentang perbedaan celebrity endorsement dan influencer marketing ya.

Manfaat Endorsement sebagai Strategi Pemasaran

Apa sih untungnya bekerja sama dengan orang terkenal? Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, orang-orang ini punya segudang penggemar dan kekuatan untuk mempengaruhi. Dengan demikian, brand Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens ketika produk Anda dipromosikan oleh mereka sekaligus memperbesar peluang pembeliannya.

Ingat dengan BTS Meal? Mungkin produk yang bikin antrean ojek online di tanah air membludak ini masih segar dalam ingatan Anda. BTS Meal merupakan paket makanan berkemasan khusus dari Mcdonalds yang terdiri dari chicken nugget, kentang goreng, minuman, dan dua jenis saus. Paket ini tercipta berkat adanya kolaborasi antara Mcdonald’s dan boy band asal Korea Selatan, BTS.

Jika Anda penikmat makanan cepat saji Mcdonald’s, Anda tentunya tahu bahwa isian BTS Meal adalah menu yang sebenarnya sudah lama ada di Mcdonald’s (kecuali dua jenis sausnya). So, we actually can say: nothing’s really special about the meal. Tetapi, karena Mcdonald’s berkolaborasi dengan boy band yang memiliki jutaan penggemar di bermacam negara yang tergabung dalam “Army”, produk BTS Meal menjadi satu hal yang fenomenal dan diburu oleh para Army. 

BTS Meal sendiri hadir di 50 negara. Di Korea Selatan, sebanyak 1,2 juta BTS Meal berhasil terjual hanya dalam waktu 25 hari. Berkat kolaborasi ini, Mcdonalds pun diperkirankan meraih untung hingga miliaran rupiah dan keuntungan ini diprediksi akan melebihi kolaborasi Mcdonald’s dengan rapper Travis Scott pada September 2020 lalu. 

Mcdonald’s memang tidak endorse BTS agar boy band tersebut mengiklankan Mcdonald’s di akun resmi Instagramnya, tetapi dari fenomena BTS Meal ini, kita bisa melihat dampak positif yang bisa dialami sebuah brand ketika bekerja sama dengan selebritas atau tokoh terkenal.

Untuk itu, dalam pelaksanaan Instagram marketing, Anda pun bisa mulai mempertimbangkan celebrity endorsement sebagai bagian dari strategi pemasaran brand Anda, terutama jika tujuan pemasaran Anda saat ini lebih dari sekadar jualan, tetapi juga menjangkau lebih banyak audiens, membangun kredibilitas, dan membentuk citra brand yang berkelas. Akun Instagram sang selebritas yang diikuti oleh jutaan followers ini tentunya dapat menjadi peluang yang menguntungkan bagi brand Anda.

Tips Menerapkan Endorsement di Instagram 

Setiap strategi pemasaran yang kita lakukan di Instagram tentu ingin kita maksimalkan efektivitasnya, termasuk endorsement ini. Apalagi jika Anda berencana bekerja sama dengan selebritas yang kemungkinan besar akan membuat Anda mengeluarkan biaya besar. Sebagai informasi, kembali pada fenomena BTS Meal, BTS diberitakan menerima pemasukan ratusan miliar rupiah dari hasil kolaborasinya bersama Mcdonald’s.

Tetapi tentu saja, menjalankan Instagram marketing tidak berhenti pada pembahasan untung dan rugi, efektivitas suatu strategi memang perlu diupayakan secara maksimal demi mencapai tujuan-tujuan pemasaran lainnya. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan celebrity endorsement di Instagram?

  • Image dan ketenaran sang selebritas

Lebih dari sekadar penampilan menarik atau punya banyak followers, dalam memilih endorser, Anda perlu menilai citra yang melekat padanya. Pastikan Anda bekerja sama dengan selebritas yang memiliki image positif di masyarakat sehingga brand image perusahaan Anda turut terangkat bersamanya.

Kemudian, jangan nanggung jika Anda memang berniat menjalankan celebrity endorsement di Instagram. Namanya juga strategi yang memanfaatkan ketenaran seseorang, jadi pilihlah public figure yang memang aktif di Instagram dan memiliki penggemar berat dalam jumlah banyak sehingga konten unggahannya selalu dinanti dan diperhatikan oleh jutaan follower-nya.

  • Komitmen bekerja sama

Celebrity endorsement biasanya berlangsung dalam periode tertentu alias tidak singkat. Namun di sisi lain, yang namanya selebritas jarang sekali hanya bekerja sama dengan satu brand.

Maka dari itu, pastikan Anda bekerja sama dengan public figure yang mampu berkomitmen untuk tidak bekerja sama dengan brand kompetitor selama ia berkolaborasi dengan brand Anda.

  • Punya kesamaan value dengan brand Anda

Follower selebritas itu memang cenderung random, tetapi kami tetap yakin, di antara jutaan pengikutnya pasti ada yang ngefans karena punya interest, pemikiran, atau gaya hidup yang sama atau cocok dengan sang selebritas.

Oleh karena itu, coba pahami terlebih dahulu persona yang ditawarkan oleh para endorser incaran Anda. Pilih public figure yang personanya sesuai dengan buyer persona brand Anda dan memiliki value yang sama dengan perusahaan Anda. Biar lebih jelas, kita ambil satu contoh, ya.

Anda mengenal sosok Nana Mirdad? Jika Anda mengunjungi dan mengikuti update-an dari akun Instagram public figure yang satu ini maka Anda akan tahu bahwa salah satu kegemarannya adalah memasak hidangan bergizi bagi keluarganya. Yes, ini adalah salah satu persona yang Nana Mirdad tawarkan melalui konten-konten Instagramnya: seorang ibu yang pintar mengolah makanan sehat bagi suami dan anak-anaknya.

Makanya, berbagai brand yang produknya berkaitan dengan bumbu masak atau peralatan dapur dengan tujuan menciptakan hidangan sehat akan cocok berkolaborasi dengan seorang Nana Mirdad. Misalnya seperti ini:

instagram endorsement

Kolaborasi Nana Mirdad dengan Blue Band

Melalui unggahan konten video, Nana menunjukkan cara membuat ayam goreng mentega menggunakan mentega Blue Band. Tak lupa dalam caption dijelaskan bahwa Blue Band mengandung omega 3 dan omega 6, serta terbuat dari plant based oil sehingga cocok buat para vegetarian. 

Kemudian, ada pula konten endorsement seperti ini:

endorsement instagram

Kolaborasi Nana Mirdad dengan Tropicana Slim

Dalam unggahan tersebut Nana Mirdad mempromosikan santan less fat dan tinggi serat dari Tropicana Slim. Tertulis pada caption-nya, ia menggunakan produk tersebut untuk membuat hidangan opor ayam yang lebih sehat untuk suaminya.

Dengan melaksanakan endorsement bareng Nana Mirdad, baik Blue Band maupun Tropicana Slim sudah pasti memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru dari para follower Nana Mirdad yang juga suka membuat hidangan sehat seperti idolanya.

  • Jadwal posting dan tipe konten

Setelah memahami image dan persona endorser, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah peak hour dari para follower-nya. Hindari mengunggah konten endorsement di sembarang waktu, sebaliknya pelajari terlebih dahulu audience behavior dari endorser pilihan Anda sehingga Anda dapat menentukan waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten-konten endorsement Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset mendalam, seperti bertanya langsung kepada endorser atau memahami Instagram Insights akunnya untuk mengetahui tipe konten yang angka reach atau engagement rate-nya paling tinggi di akunnya sehingga Anda pun bisa memproduksi konten yang demikian. 

Kemudian untuk penulisan caption, sebagai pihak brand, Anda berhak menentukan syarat dan ketentuannya. Tetapi untuk gaya bahasa dan pendekatan ke audiens, pastikan Anda menyerahkan hal ini kepada pemilik akun.

Kesimpulan

Demikian penjelasan terkait endorsement dalam Instagram marketing.  Jika kami rangkum poin-poin pentingnya, endorsement adalah sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan ketenaran seseorang, karena mereka dipercaya dan dihormati oleh banyak orang. 

Jika Anda berniat untuk menjangkau banyak audiens, meningkatkan kredibilitas, dan membangun brand image yang berkelas maka celebrity endorsement dapat menjadi strategi pemasaran yang tepat untuk Anda laksanakan di Instagram.

Butuh bantuan untuk melakukannya? Jangan khawatir, Contendr sebagai boutique content marketing agency tentu siap melayani kebutuhan Anda. Yuk, hubungi kami sekarang!

Related Articles

Content Marketing

Beberapa Ide Menarik untuk Konten Instagram Bisnis Anda

Ningkatin brand presence nggak cukup dengan konten Instagram yang variatif dan informatif aja. Ini ide-ide untuk bikin postingan yang lebih engaging.

Content Marketing

Content Marketing Funnel: Konten yang Tepat untuk Setiap Tahapannya

Marketing funnel dalam dunia pemasaran merupakan sebuah perjalanan pelanggan dari tahap aware terhadap brand hingga memutuskan untuk membeli produknya. Setiap tahapan pada marketing funnel membutuhkan cara promosi yang berbeda-beda, content marketing seperti apa yang cocok untuk setiap tahapannya?

Content Marketing

Content Strategy untuk Meningkatkan Performa Instagram

Di artikel kali ini, kami akan berbagi beragam hal yang insightful terkait content strategy di Instagram demi mendorong peningkatan performa pada akun brand Anda.

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing