Graphic Design Trend yang Eksis di 2020

By Arista Prianka Putri,

19 September 2020

Bukan sekadar penghias, visualisasi pada konten berfungsi untuk menarik pehatian audiens dan memperkuat pesan dari konten tersebut. Nah, memasuki Q4 di tahun 2020, simak yuk beberapa tren graphic design yang digunakan sepanjang tahun ini oleh berbagai brand, dan tentunya masih bisa Anda gunakan juga. Semoga terinspirasi!

  • Pemanfaatan Ilustrasi

Graphic design dan ilustrasi sebenarnya merupakan dua bidang kreatif yang berbeda, namun keduanya tak jarang digabungkan untuk menghasilkan sebuah karya yang komersial, artinya bukan murni karya seni atau hasil interpretasi kreatif seseorang, melainkan karya yang dapat menyampaikan suatu pesan kepada audiens tertentu dan menjual. 

Menurut in-house graphic designer kami, Medy Ardita, membuat visual dalam bentuk ilustrasi idealnya melibatkan seorang ilustrator agar dapat menghasilkan karya yang custom-made dan tiada duanya. Namun, jika hanya seorang graphic designer saja yang mengerjakannya maka ia harus mengambil ilustrasi atau vektor dari sebuah microstock (istock, shutterstock, getty, dll). Kalau begini, jangan kaget jika ilustrasi pada visual Anda punya persamaan dengan brand lain. Anyways, berikut contoh ilustrasi pada visual:

Kredit: HP dan Samsung

Menurut in-house content writer sekaligus social media officer kami yang juga seorang art enthusiast, Andini Nur Amalia, selain custom-made, penggunaan ilustrasi pada visual untuk keperluan content marketing dapat membangun daya tarik emosional. Semua elemen yang ditempatkan di sana, mulai dari lengkungan, bentuk, warna, sampai ekspresi dapat menimbulkan peradangan emosional sehingga audiens dapat memahami mood dari sang ilustrator dan lebih mudah menangkap pesannya. 

Kemudian jika sebuah brand berkolaborasi dengan seorang ilustrator, maka keuntungan tambahan yang bisa didapatkan adalah brand tersebut juga bisa menarik perhatian dan mendapatkan awareness dari para penggemar sang ilustrator. Seperti pada salah satu gambar di atas, konten visual milik HP merupakan hasil kolaborasi mereka dengan seorang ilustrator bernama Yukai Du demi menunjukkan, bagaimana HP Labs dan para peneliti kesehatan terus melakukan yang terbaik agar mampu mendeteksi, mengobati, dan melawan penyakit kanker.

  • Ilustrasi pada Foto

Seperti apa sih bentuk visualnya? Desain ini menggabungkan foto dan ilustrasi, jadi pada sebuah gambar atau foto akan ditambahkan coretan, sketsa, atau ilustrasi di atasnya. 

Medy pun menjelaskan bahwa penambahan ilustrasi pada gambar biasanya semata-mata hanya untuk membuat tampilan visual makin unik dan menarik. Berikut contoh-contohnya:  

Kredit: Puma

Sketch over the image for American Vougue dan Adidas Indonesia
Kredit: KINGCULA - HALF OF FAMETM 

Penampilan unik seperti pada beberapa contoh visual di atas tentu saja dapat menambah daya pikat dari konten visual Anda yang akan bersaing dengan berbagai konten digital lain di luar sana. Apalagi jika perpaduan foto dan ilustrasi ini melibatkan orang-orang berpengaruh. Misalnya, brand Anda menjadikan influencer/selebritas X sebagai brand ambassador atau model foto. Lalu, foto tersebut juga mendapatkan sentuhan ilustrasi dari seorang ilustrator yang memiliki banyak penggemar. Wah, kebayang dong sebesar apa peluang awareness bahkan peluang konversi yang bisa brand Anda dapatkan. Contohnya seperti ini:

Kolaborasi Gatsby, @kingcula, dan Adipati Dolken untuk pembuatan Gatsby calendar 2020

Oh iya, anyways, tim visual kami juga pernah lho membuat karya serupa sebagai bentuk “ourhome-work”, seperti ini:

“Scribble on Photo” by our in-house visual team
  • Desain Minimalis

Identik dengan hunian ya, tetapi tenang, ini bukan desain rumah kok. Dalam design graphic rupanya ada juga konsep minimalis. Medy kembali menjelaskan bahwa konsep minimalis pada visual artinya gambar akan memiliki lebih banyak negative space atau ruang kosong serta tidak memasukkan banyak warna sehingga hasilnya cenderung simpel. 

Tetapi, sekalipun desainnya terkesan simpel, konsep minimalis pada visual dapat membuat produk Anda stand out. Audiens enggak bakal mengalami distraksi dan bisa langsung fokus tertuju pada produk atau copy yang ditunjukkan dalam visual. Berikut contohnya:

Kredit: Vespa dan Microsoft 
  • Typography

Kalau Anda pembaca setia blog kami maka pastinya Anda ingat bahwa kami pernah membahas Typography secara detail di sini. Yes, seni yang melibatkan huruf ini rupanya cukup menghiasi tampilan-tampilan visual di tahun 2020.

Berikut beberapa brand yang memasukkan Typography yang next level dalam konten visualnya:

Kredit: Google

Nike’s campaign “Don’t forget to fly”
Kredit: Paul Weaver and team

Reebok #BeMoreHuman
Kredit: Simon Stratford and team

“To design is to communicate clearly by whatever means you can control or master.” - Milton Glaser

So, apakah sekarang Anda sudah terinspirasi? Kalau Anda membutuhkan para ahli untuk membuat konten visual, tenang saja, ada Contendr di sini yang pasti siap berkolaborasi dengan brand Anda untuk menjalankan promosi, marketingcampaign, atau meningkatkan engagement dengan audiens.

Enggak cuma itu lho, sebagai boutique content marketing agency di Jakarta, kami juga dapat membantu Anda membuat strategi konten, artikel, EDM, konten media sosial, video, dan berbagai content marketing lainnya. Jangan ragu, langsung saja klik logo WhatsApp di pojok kanan bawah. Ngobrol-ngobrol santai dulu dengan kami juga boleh, kok!

Related Articles

Content Marketing

Powerful and Effective: 5 Cara Jitu Membuat Ad Copy yang Menjual

Dalam pemasaran digital, copywriting merupakan proses penulisan copy yang diformulasikan sedemikian rupa agar menjadi sebuah frasa, kalimat, atau paragraf yang persuasif dan menjual. Jadi, bagaimana cara memformulasikannya dengan tepat? Simak lima tips berikut, ya.

Content Marketing

Content Marketing Produktif Berkat CTA Efektif, Begini Caranya!

Setiap konten digital marketing yang Anda buat pasti memiliki tujuan dan diharapkan bisa dikonversi menjadi sesuatu yang mendukung upaya pemasaran. Nah, bagaimana caranya membuat CTA yang efektif dalam content marketing agar tujuan-tujuan itu bisa tercapai?

Content Marketing

Content Writing vs Copywriting, Apa Sih Perbedaannya?

Meskipun sama-sama menulis, namun hasil penulisan dari content writing dan copywriting jelas berbeda. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda jadi bisa menentukan skillset mana yang brand Anda butuhkan untuk menyukseskan digital marketing Anda. Simak pembahasan kami tentang content writing vs copywriting berikut, ya!

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing