Inspirasi Saat Kehabisan Inspirasi

By Panji Muhammad Pradipta,

15 April 2020

Ibarat kata, inspirasi itu sama kayak remot AC. Pas dibutuhin seringnya nggak ada. Eh, giliran lagi adem ayem tiba-tiba dia nongol. Ya kan? Lo juga pasti sering dong ngalamin hal serupa?

Apalagi belakangan ini ada pandemi Covid-19 yang maksain kita buat stay at home, kerja dari rumah dan ngapa-ngapain semuanya dari rumah. Sampai-sampai kita bosen dan bingung banget harus ngapain lagi.

Sayangnya, kejenuhan itu juga merupakan salah satu faktor terbesar yang bisa membunuh inspirasi. Buat gw pribadi, inspirasi itu datangnya dari sesuatu yang hidup dan kita beri “makan”. Baik itu dari sebuah pengalaman maupun imajinasi yang bertualang.

Nah, buat menggali inspirasi di saat kehilangan inspirasi kayak kondisi sekarang ini, biasanya gw melakukan kilas-balik atau meng-highlights beberapa hal yang cukup berpengaruh dalam hidup gw.

1. Books, It Digs Up Your Imagination

Hal pertama yang gw lakukan kalau lagi stuck dan butuh inspirasi adalah membaca ulang buku yang udah pernah gw baca. Gw suka banget buku-buku karya Haruki Murakami karena ceritanya surreal dan “gelap”. Cerita kayak gitu cukup membantu gw buat ngajak berimajinasi dan bertualang lagi.

"Buat gw pribadi, inspirasi itu datangnya dari sesuatu yang hidup dan kita beri “makan”. Baik itu dari sebuah pengalaman maupun imajinasi yang bertualang."

 

2. Movies, It Gives You Stories to Think About

Pastinya lo juga punya film favorit yang nggak bakalan pernah bosen untuk lo simak ulang walaupun udah lo tonton berkali-kali? Buat gw, nonton ulang film kesukaan bisa ngasih gw sudut pandang yang baru tentang cerita di film itu. Dan bahan pikiran itu bisa banget dituangkan ke dalam karya kita nantinya.

3. Music, It Brings You Joy and Sadness at The Same Time

Musisi jagoan lo pasti punya banyak lagu-lagu sedih dan lagu-lagu up beat. Mendengarkan mereka kembali dalam periode yang bersamaan, bisa bikin emosi kita jadi naik-turun. Mood yang lagi bergejolak itu sering banget ngebawa inspirasi buat kita berkarya.

4. Sports, It Pushes Your Endorphins

Dengan berolahraga, hormon endorphin dalam tubuh yang bisa ngasih kita euforia bakalan naik dan keluar. Selain jadi sehat, euforia itu juga bisa bikin kita semangat lagi buat kerja dan menjalani keseharian.

Nah, hal-hal di atas bisa lo coba tuh buat menggali inspirasi di saat lo lagi buntu banget dan kehabisan inspirasi. Tenang, kegiatan itu juga pastinya bisa lo lakukan walaupun #DiRumahAja, lho.

Related Articles

Opinion

"Silicon Valley" ala Indonesia, Ide Bagus atau Sebaliknya?

Di situasi kayak sekarang, apakah pembangunan Bukit Algoritma ini sebenarnya ide bagus atau hanya egoisme intelektual semata?

Opinion

Tren Donasi Digital ala Milenial

Berdonasi secara online rupanya menjadi suatu tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana dengan Anda? Apa sih keuntungan dan safety tips yang perlu kita perhatikan jika ingin berpartisipasi dalam tren yang satu ini?

Opinion

Cegah Kekeliruan Informasi Vaksin, Google Hadirkan Panel Pencarian Khusus

Menerima berita hoax atau mengalami misinformasi mungkin masih terjadi di keseharian kita sampai hari ini. Makanya, kita harus cermat dalam menelaah sebuah berita. Kabar baiknya, niat kita untuk bisa mendapatkan informasi akurat dan tepercaya terutama terkait vaksin Covid-19 bakal didukung oleh Google melalui inovasi terbarunya. Langsung saja kita bahas bareng, ya.

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing