Modular Logo System

By Medy Ardita,

29 April 2020

Menurut Mbah Gugel, logo itu adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari produk, perusahaan, lembaga, organisasi, daerah, hingga negara, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Kuncinya, logo itu harus singkat dan mudah diingat.

Nah, ngomongin soal logo, beberapa hari yang lalu di media sosial lagi heboh logonya Bukalapak yang baru dimana bentukannya sangat sederhana, dan mereka mengajak netizen ikutan mendesain logo tersebut dengan bentuk yang sama. Pelan tapi party ini menjadi campaign yang dibangun untuk memperkenalkan karakter dari logo Bukalapak itu sendiri. Selain itu, bisa dibilang logo terbaru dari Bukalapak ini tergolong unik karena wujudnya yang sederhana namun bisa berbentuk apa saja.

Dalam per-skena-an logo, logo Bukalapak dikenal sebagai Modular Logo System. Secara harfiah modular artinya standar, entah standar dalam bentuk ataupun pengaplikasiannya, pada dasarnya logo-logo yang menerapkan modular system ini mempunyai bentuk yang sangat simple namun bisa dikembangkan sesuai penempatan dan tren yang sedang terjadi. Modular System Logo ini juga membuat logo tetap bisa bertahan untuk beberapa tahun kedepan karena sifatnya yang flexible dan mengikuti perkembangan tren.

Seperti contoh kasusnya logo branding pada City Of Melbourne yang menggunakan huruf M yang simple lalu diisi dengan beberapa motif. Dilatarbelakangi oleh banyaknya logo pada Melbourne yang membuat orang sulit mengingat, mulai dari bisnis, ekonomi, dan sektor lainnya yang ada di kota Melbourne, hingga akhirnya modular logo menjadi sebuah solusi.

"Tuhan menciptakan banyak warna dalam kehidupan, makanya hidup itu penuh warna tidak hanya makna."

 

Bukan hanya Bukalapak tapi Gramedia pun sempat membuat modular logo namun hingga saat artikel ini ditulis saya belum mengetahui apa maksud dan tujuan modular logo pada Gramedia.

Ada juga beberapa perusahaan lainnya yang pernah saya lihat langsung menggunakan modular logo ini, seperti PT.Merck Tbk yang merubah logo type menjadi lebih modern dan berwarna, karena penerapan banyak warna pada 1 logo juga sudah menjadi bagian dari modular logo system tersebut.

Nah, sudah pahamkan tentang modular logo system ini? Yuk, kita coba terapkan membangun brand dengan menggunakan modular logo system! Tapi inget yah, jangan terpaku hanya dengan bentuk tapi juga pentingnya makna dibalik logo yang kita buat, dan penting banget untuk tetap membuat sesederhana mungkin agar mudah diingat. Jangan lupa hal penting lainya, yaitu warna, karena warna itu bukan sekedar hitam dan putih, guys. Tuhan menciptakan banyak warna dalam kehidupan, makanya hidup itu penuh warna tidak hanya makna. Canda sayaaaaaaaang.

Related Articles

Opinion

"Silicon Valley" ala Indonesia, Ide Bagus atau Sebaliknya?

Di situasi kayak sekarang, apakah pembangunan Bukit Algoritma ini sebenarnya ide bagus atau hanya egoisme intelektual semata?

Opinion

Tren Donasi Digital ala Milenial

Berdonasi secara online rupanya menjadi suatu tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana dengan Anda? Apa sih keuntungan dan safety tips yang perlu kita perhatikan jika ingin berpartisipasi dalam tren yang satu ini?

Opinion

Cegah Kekeliruan Informasi Vaksin, Google Hadirkan Panel Pencarian Khusus

Menerima berita hoax atau mengalami misinformasi mungkin masih terjadi di keseharian kita sampai hari ini. Makanya, kita harus cermat dalam menelaah sebuah berita. Kabar baiknya, niat kita untuk bisa mendapatkan informasi akurat dan tepercaya terutama terkait vaksin Covid-19 bakal didukung oleh Google melalui inovasi terbarunya. Langsung saja kita bahas bareng, ya.

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing