Peran Brand Positioning dalam Strategi Pemasaran

By Rinaldy Sofwan Fakhrana,

24 August 2021

brand positioning

Tahukah Anda, brand positioning bisa jadi kunci dalam memenangkan kompetisi pasar yang semakin hari semakin ketat?

Punya citra yang kuat merupakan salah satu kunci sukses dari sebuah brand dan untuk mewujudkan hal tersebut, ada trik yang kita kenal sebagai brand positioning. Seperti apa sih? Bagaimana cara melakukannya?

Kita di Indonesia sekarang sudah common banget kan menyebut “Aqua” untuk air mineral, “Odol” untuk pasta gigi, atau “Indomie” untuk mie instan. Kenapa bisa begitu? Ya alasannya adalah ketiga merek tersebut punya brand position yang kuat di pasar tanah air.

Anda pasti mau kan jadi brand yang top-of-mind seperti itu? Jelas mau dong, apalagi karena statistik juga menunjukkan brand yang dipresentasikan secara konsisten bisa mendapatkan peningkatan keuntungan hingga 33%. Di sinilah yang namanya brandpositioning berperan. Kita bahas lebih lanjut, yuk!

Apa itu Brand Positioning?

Sesuai namanya, brand positioning adalah suatu proses memosisikan brand Anda di pikiran konsumen. Sebelumnya kita sudah pernah bahas pengertian brand image kan, yang artinya adalah persepsi brand kita di hadapan pelanggan. Nah, brand positioning ini adalah salah satu strategi untuk meningkatkan brand image

Lebih dari sekadar membuat tagline atau logo, yang lebih banyak berpengaruh pada brand identity (dibahas juga dalam artikel brand image), brand positioning adalah strategi komprehensif yang digunakan untuk membedakan brand Anda dari kompetisi. Idealnya, proses ini membuat merek Anda dipersepsi favorit, unik, dan kredibel.

Brand image itu adalah sesuatu yang pasif. Anda enggak berbuat apa pun, brand Anda pasti punya reputasi tertentu di mata konsumen, baik itu karena brand identity, kualitas produk, maupun layanan yang ditawarkan. Nah brand positioning ini proses aktif yang bisa kita lakukan buat “mengendalikan” persepsi dan reputasi itu.

Seperti yang udah dibahas sama Liputan 6, merek Odol, Aqua dan Indomie itu masuk ke Indonesia puluhan tahun lalu sehingga otomatis menempati posisi yang top-of-mind. Sementara untuk brand yang relatif lebih baru, brand positioning ini hukumnya wajib kalau kita mau memosisikan diri sebagai merek yang terdepan. Tetapi bagaimana caranya?

Contoh BrandPositioning

Menyimak penjelasan di atas Anda mungkin berpikir, kok tetap enggak jelas ya apa yang dimaksud dengan brand positioning? Wajar saja, karena memang istilah ini sifatnya luas banget. Sementara itu, cara implementasinya beragam mulai dari terkait layanan, harga, kualitas, sampai diferensiasi produk seperti yang sudah kita tipis-tipis singgung sebelumnya. Namun, kami akan coba jabarkan satu per satu ya.

Layanan Pelanggan

Buat sebagian orang mungkin aneh melihat kaitan antara layanan pelanggan alias customer service dan brand positioning. Tetapi pada kenyataannya, sektor ini jadi salah satu yang paling mudah dikendalikan sekaligus paling memengaruhi posisi brand di mata konsumen. 

Saat memilih merek, penyedia jasa, atau apa pun, Anda pasti mempertimbangkan soal customer service-nya kan? Pelayanan buruk di restoran saja bisa bikin kita kapok untuk balik, apalagi buat produk yang relatif lebih mahal seperti barang elektronik atau langganan internet.

Kebalikannya, brand yang memberikan customer service baik bisa memosisikan diri sebagai brand yang tepercaya sehingga bisa lebih mudah mempertahankan pelanggan. 

Misalnya, brand Samsung kemungkinan besar selalu jadi top-of-mind di mata konsumen smartphone high-end Indonesia. Alasannya, perusahaan tersebut punya perwakilan resmi di sini sehingga pelayanannya lebih terjamin ketimbang brand besar seperti Apple sekalipun.

brand positioning adalah

Customer Service resmi Samsung membantu brand positioning di pasar Indonesia

Ekstranya, mempunyai customer service yang baik juga memberikan Anda ‘hak’ untuk memasang harga premium. Dibandingkan dengan produsen smartphone Android lain, harga produk Samsung biasanya relatif lebih mahal. Tetapi dengan kepastian yang dijanjikan, konsumen yang sudah”termakan” brand positioning ini akan berpikir “yang pasti-pasti aja deh.”

Harga

Nah, bicara soal harga, faktor penting ini bisa juga jadi tools buat brand positioning Anda. Berkebalikan dengan ilustrasi di atas, memosisikan diri sebagai brand paling affordable tentunya bakal menarik banyak konsumen karena, enggak bisa dimungkiri, kita semua pasti melihat nilai ekonomis dari produk yang kita beli. Kalau ada yang lebih murah dengan kualitas yang sebanding, kenapa harus beli yang mahal?

Catatannya, memasang harga rendah bisa jadi seperti pisau bermata dua. Walau kita menarik perhatian banyak orang, murah juga kerap kali diasosiasikan dengan produk yang kurang berkualitas. Karena itu, diperluin marketing efforts yang efektif dan akurat untuk menunjukkan kalau produk Anda “murah tetapi enggak murahan”.

Balik ke dunia smartphone, salah satu contoh brand yang berhasil melakukan ini adalah OnePlus yang melakukan brand positioning sebagai “Flagship Killer.”Brand asal China ini menawarkan gadget dengan kualitas yang setara dengan produk flagship (highest-end) dari brand lain dengan harga yang jauh lebih murah.

contoh brand positioning

Harga miring OnePlus sebagai brand positioning tool

Marketing efforts yang diambil untuk mendukung brand positioning ini termasuk membuat produk dalam jumlah sedikit untuk menciptakan kesan eksklusif, memanfaatkan influencer marketing dengan efektif, dan memastikan produknya tetap berkualitas walau membanderol harga miring. Selengkapnya, feel free buat cek case study di Super Heuristics.

Kualitas

Hmm… menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang rendah tentunya berarti margin keuntungannya tipis. Itu memang betul. Tetapi kalau strategi seperti OnePlus dianggap enggak realistis buat brand Anda, jalan sebaliknya pun masih bisa diambil lho

Anda juga bisa memosisikan brand sebagai produsen barang berkualitas dan membanderol harga yang tinggi. Brand positioning seperti ini cocok untuk perusahaan yang bersifat ‘butik’ atau dalam kata lain, mengedepankan prinsip quality over quantity.

Mayoritas konsumen mungkin akan melewatkan produk Anda dan memilih barang yang lebih murah walau kualitasnya pun lebih rendah. Tetapi, kalau harga dan kualitas produk Anda sesuai dengan daya beli target consumers, tentunya enggak akan ada masalah. Di sini, buyer persona yang sempat kami bahas sebelumnya bakal bantu untuk menentukan, apakah positioning ini tepat untuk brand Anda.

Terlebih lagi, dengan brand positioning ini, Anda juga bisa “menjual” kesan eksklusif dan prestise. Ibaratnya, semua orang pasti tertarik dengan harga dan kualitas yang ditawarkan Fiat, tetapi di dalam hati semua orang juga pasti tetap mimpi ingin punya Ferrari. Dan mereka yang mampu, pasti rela membayar harga premium untuk mendapatkan mobil impiannya itu.

pengertian brand positioning

Berkat brand positioning, Ferrari selalu jadi mobil impian

Diferensiasi

Soal mobil, kasus Tesla pun jadi contoh brand positioning yang sukses. Diferensiasi produk dari pasaran adalah strategi yang efektif buat menempatkan merek Anda di posisi top-of-mind. Saat industri otomotif berfokus pada kenyamanan, efisiensi bahan bakar, atau performa, perusahaan Elon Musk ini menawarkan sesuatu yang baru: mobil elektrik canggih.

Brand positioning ini efektif buat merebut pasar yang sudah jenuh, dan lebih spesifik lagi, mereka yang mengapresiasi inovasi. Karena itu, strategi ini cocok banget buat brand yang bergerak di bidang teknologi. Selain Tesla, Anda juga bisa lihat sejarah, bagaimana keyboard full QWERTY dari Blackberry mengalahkan dominasi Nokia dan touchscreen dari Apple akhirnya menggantikan inovasi Blackberry.

apa itu brand positioning

Inovasi Apple iPhone jadi alat brand positioning yang efektif

Tetapi bukan berarti strategi ini enggak bisa dilakukan di industri lain. Ketika produk yang Anda tawarkan memang unik dan baru, memosisikan brand sebagai inovator tentunya bukan sesuatu yang di luar jangkauan. Catatannya, apa pun produknya, Anda perlu berusaha meyakinkan konsumen bahwa inilah cara baru yang lebih baik daripada cara-cara yang selama ini sudah dikenal. Untuk itu, bekerja sama dengan boutique content marketing agency seperti Contendr tentunya bisa membantu memperkuat pesan Anda ke khalayak.

Kesimpulan

Itulah sebagian contoh brand positioning yang bisa Anda lakukan untuk menempatkan bisnis Anda di posisi top-of-mind konsumen. Tentunya masih banyak cara lain seperti mengedepankan kemudahan, gimmicks, atau malah brandpersona. Semuanya bergantung pada kondisi dan kebutuhan brand Anda saat ini: produk apa yang ditawarkan, konsumen yang disasar, dan kompetisi yang ada.

Intinya, brand positioning dalam marketing adalah strategi yang bisa Anda lakukan untuk stand out di pasaran dengan cara mengedepankan suatu aspek dari brand Anda. Aspek apa yang akan dikedepankan? Semuanya berada di tangan Anda.

Tetapi tenang, kalau Anda masih bingung dan butuh konsultasi, langsung aja kontak kami via WhatsApp dan kita bisa ngobrol bareng ASAP. Selain itu, kami juga bisa bantu Anda stand out di dunia maya dengan berbagai marketing services yang kami tawarkan. Let’s connect!

Related Articles

Content Marketing

Content Marketing Funnel: Konten yang Tepat untuk Setiap Tahapannya

Marketing funnel dalam dunia pemasaran merupakan sebuah perjalanan pelanggan dari tahap aware terhadap brand hingga memutuskan untuk membeli produknya. Setiap tahapan pada marketing funnel membutuhkan cara promosi yang berbeda-beda, content marketing seperti apa yang cocok untuk setiap tahapannya?

Content Marketing

Content Strategy untuk Meningkatkan Performa Instagram

Di artikel kali ini, kami akan berbagi beragam hal yang insightful terkait content strategy di Instagram demi mendorong peningkatan performa pada akun brand Anda.

Content Marketing

Ingin Email Blast Berjalan Secara Efektif? Simak Caranya!

Istilah “email blast” mungkin sudah enggak asing di telinga Anda. Nah, kali ini kita akan memahami banyak hal terkait email blast agar Anda dapat menjalaninya secara efektif. Are you ready?

Browse Other Categories

We are your teammates.

We're never just another agency, we're your teammates, providing you with everything needed on the pitch of digital marketing.

Servicesarrow_forward

Hi there!

Ready to cook your digital content with us?

Contact Us Now
Whatsappp Sharing